Kamis, 15 November 2018

Siap Tularkan Virus Literasi, Ini Aksi yang Akan Dilakukan Siswa SMAN 1 Adonara Tengah

Foto: Thomas Wollor

Setelah sukses penyelenggaraan pekan seni dan bahasa pada momen bulan bahasa Oktober kemarin, siswa-siswi pada lembaga SMAN I Adonara Tengah menyatakan siap menyebarkan semangat literasi ini ke lingkungan desa masing-masing.
"Kami akan melakukan sebuah gerakan besar bersama," demikan ungkap Thomas Arakian, guru penggerak literasi di SMAN I Adonara Tengah. Gerakan kampanye ini dicetuskan bersama siswa kelas X program Matematika Ilmu Alam (MIA). Dalam rencana tersebut, siswa-siswi akan melakukan aksi besar membuka taman bacaan di Desa tempat tinggal masing-masing.
"Ini sebagai bentuk tindak lanjut dari pekan bulan bahasa dan seni 2018 serta gerakan Literasi sekolah," beber Thomas pada Rabu, (14/11/2018). Dalam pertemuan bertempat di ruang kelas ini, semua siswa-siswi kelas X MIA melalui perencanaan berlanjut menyepakati wajib miliki buku harian dan membentuk kelompok belajar sesuai asal wilayah desa. Selain itu, mereka sepakat mengumpulkan siswa SD hingga SMP di desa atau tetangga rumah masing-masing untuk membentuk taman baca sederhana.
"Untuk agenda ini, sudah dijadwalkan hari Sabtu (17/11/ 2018) mendatang kami akan bertemu para anggota kelompok belajar yang sudah didata oleh siswa dari Desa Nubalema, tepatnya di Klibang," kata Thomas Ara yang juga inisiator Lopo Seburi Institute ini.
"Untuk sementara agenda hanya  berupa sosialisasi kampanye dan bertemu kelompok pelajar saja dan juga orangtua atau tokoh masyarakat setempat. Harapan besar bersama siswa membangun kesadaran warga tentang betapa pentingnya dunia baca tulis dan peka terhadap situasi sosial kemasyarakatan," demikian pungkas Thomas. (Teks: Thomas Arakian, Edit: Simpet)

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar