Rabu, 25 Januari 2017

Siap Dirikan MAS Al Hidayah Wewit, Kemenag Flotim Lakukan Visitasi

Foto: Asy'ari Hidayah Hanafi


Selasa, 24 Januari 2017 bertempat di Kantor Madrasah Tsanawiyah AL-Hidayah Wewit Kecamatan Adonara Tengah, Kepala Seksi Pendidikan Islam (Pendis) Kantor Kementrian Agama Kabupaten Flores Timur Drs. Bakir Doni Pulo bersama Team Visitasi hadir dalam rangka melaksanakan Visitasi proses pendirian Madrasah Aliyah Swasta (MAS) AL-Hidayah Wewit. Hadir dalam kegiatan ini unsur Pemerintah yakni Sekretaris Desa Wewit Rahman, Tokoh Agama Bapak Haji Ismail Bunga dan beberapa Pengurus Yayasan AL-Hidayah Ketua Umum M.A. Hanafi Ketua Pelaksana Harian Ramadan Ismail, S.Sos dan Sekretaris Umum Asy’ari Hidayah, S.Pd beserta para calon Pendidik dan Tenaga Pendidikan pada MAS AL-Hidayah Wewit.

Perlu diketahui bahwa cikal bakal dari hadirnya Yayasan AL-Hidayah Wewit yaitu dibukanya kelas jauh (Filial) Madrasah Tsanawiyah DDI Waiwerang sekarang MTsN Waiwerang di Wewit dengan jumlah Murid pada 13 Juli 1985 terdiri atas Kelas I sebanyak 14 siswa/siswi dan Kelas II sebanyak 10 orang siswa/siswi, siswa/siswi tersebut dipindahkan dari MTS DDI Waiwerang dan proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) meminjam gedung Kantor Desa Wewit. Kemudian pada tanggal 01 Januari 1987 proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) sudah dilaksanakan di gedung MTS Wewit.


Dalam arahan pengantar pada kegiatan visitasi tersebut Kepala Seksi Pendis Kantor Kementrian Agama Kabupaten Flores Timur Drs. Bakir Doni Pulo menyatakan bahwa Setelah melalui beberapa tahapan yakni yang pertama yaitu sosialisai pada tanggal 26 September 2015, yang pada tahapan ini kehadiran masyarakat luar biasa dan Visitasi adalah proses kedua setelah mencermati proposal yang diajukan oleh pengurus yayasan. Hari ini proses pembuktian tentang dokumentasi tersebut, baik tentang administrasi kurikulum, sarana prasarana, rencana induk pengembangan Madrasah serta pendidik dan tenaga kependidikan., tinggal kita tunggu visitasi selanjutnya dari team Visitasi Kementrian Agama Provinsi NTT, Jika semua persyaratan ini telah terpenuhi sera tidak ada aral yang merintangi maka MAS AL-Hidayah Wewit pasti akan beroperasi pada tahun ajaran 2017-2018, ungkap Doni Pulo.

Di sela kegitan visitasi ini Bakir Doni Pulo juga menyampaikan apresianya kepada Kepala MTs AL-Hidayah Wewit atas prestasinya sebagai pngelola dana BOS terbaik tingkat Madrasah se-Kabupaten Flores Timur dan pengahrgaan dari Kementrian Pendidikan Republik Indonesia sebagai salah satu Madrasah penyelenggara Ujian Nasional (UN) tingkat Kabupaten yang tidak terindikasi melakukan manipulasi.

Mewakili Pemerintah Desa, Rahman menyampaikan bahwa pendekatkan pelayanan pendidikan kepada masyarakat sangat kami harapkan terutama pendidikan bercirikan keagamaan agar dapat mengatasi persoalan rendahnya nilai moral dan karakter generasi muda, sedangkan Ramadan Ismail, S.Sos menyampaiakan bahwa tujuan pendirian MAS AL-Hidayah ini berangkat dari keprihatinannya atas kondisi ekonomi masyarakat yang menyekolahkan anaknya diluar wilayah Kecamatan Adonara Tengah dengan beban biaya yang tinggi terutama biaya kost dan biaya makan yang dapat mencapai jutaan rupiah perbulannya. Jika biaya tersebut dapat ditekan dengan bersekolah dan tinggal bersama orang tua sendiri maka orangtua hanya menyiapkan biaya kuliah anak saja, jelas pria yang biasa di sapa Rais ini. (Teks: Ari Tukan)

Foto: Asy'ari Hidayah Hanafi

Foto: Asy'ari Hidayah Hanafi

Foto: Asy'ari Hidayah Hanafi

Foto: Asy'ari Hidayah Hanafi


Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar