Rabu, 05 Desember 2018

Diguyur Hujan Berkepanjangan, Longsor Landa Ruas Jalan Strategis Nasional Lite-Waiwerang



Foto:  Asy'ari Hidayah Hanafi
Hujan deras yang mengguyur wilayah Adonara beberapa hari ini menyebabkan ruas jalan strategis nasional Lite (Adonara Tengah) menuju Waiwerang (Adonara Timur) menjadi rawan dan cukup berbahaya. Ruas jalan yang menjadi pegerakan utama ekonomi masyarakat ini longsor di beberapa titik. Titik rawan longsor ini sama dari tahun ke tahun.
Jalur jalan ini akan sangat ramai pada beberpa hari pasar yakni Senin, Selasa , Kamis dan Jumat. Pengguna jalan dapat melihat dengan jelas onggokan tanah dan batu-batu besar menutup badan jalan seperti yang tampak pada Rabu, (05/12/2018). Ruas jalan ini di terakhir diaspal pada tahun 2012 lalu.
Jalan dengan lebar 3 meter itu pun patah dan retak di beberapa bagian. Penyebab terjadinya longsor lantaran tak ada talud penahan pada tebing atas dan bawah jalan. Apalagi dengan keterbatasan drainase atau saluran pembuangan air.
Saat ini, beberapa pohon tumbang menutup badan jalan. Warga langsung menyingkirkan penghalang tersebut karena jalan ini menjadi satu-satunya tempat perlintasan. Namun masih ada juga pohon-pohon besar yang siap tumbang karena berada pada tebing dengan kondisi tanah yang sangat labil.
Dihimbau kepada pengguna jalan agar berhati-hati karena ada sekitar 6 titik yang sangat rawan longsor. Titik rawan longsor ini di antaranya, pada kilometer ke 4.8 sebelum Bao Meang, jarak dihitung dari arah Waiwerang. Di tempat ini rawan pohon tumbang. Titik berikutnya adalah di kilometer 6.7 hingga 6.9  di wilayah Lia. Di titik ini rawan longsoran tanah, batu dan pohon tumbang. Titik selanjutnya adalah kilometer 8.7 hingga kilometer ke 9 setelah Horowura. Di tempat ini rawan longsor tanah dan batu baik di sisi kiri maupun kanan badan jalan.
Menurut pengamatan di lapangan jika dalam beberapa hari ini terjadi hujan lebat maka ruas jalan ini bisa putus total. (Teks: Ari Hanafi, Edit: Simpet)


Foto:  Asy'ari Hidayah Hanafi


Foto:  Asy'ari Hidayah Hanafi


Foto:  Asy'ari Hidayah Hanafi

3 komentar:

  1. Terima kasih telah mengedit dan membagi tulisan sederhana ini.

    BalasHapus
  2. harus diedit lagi. tata bahasanya tidak teratur sama sekali.

    BalasHapus
  3. @Jurnalis Olahraga Terimakasih atas sarannya, @Ary Tukan, trims juga telah menulis teks dan membagikan foto

    BalasHapus