Jumat, 04 Agustus 2017

Staf Kementerian Kesehatan Lakukan Sosialisasi Germas di Adonara Tengah


Sabtu, 05/08/2017 bertempat di Paroki Lite Kecamatan Adonara Tengah Kabupaten Flores Timur akan dilaksanakan sosialisasi Program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dan Program Keluarga Sehat melalui pendekatan keluarga.
Menurut informasi yang kami dapat dari Kepala Puskesmas Lite Simon Seli Demon bahwa Kegiatan tersebut akan di hadiri oleh perwakilan Kementrian Kesehatan RI yakni Kepala Pusat Perencanaan Kemenkes RI. Bapak Sugiharto, Anggota Komisi IX DPR RI. Pius Lustrilanang, S.Ip., Msi dan Bupati Flores Timur Anton Hadjon, ST.
Saat ditemui di Puskesmas Lite malam ini Kepala Seksi Penyakit Tidak Menular (PTM) dan Kesehatan Jiwa Dinas Kesehatan Kabupaten Flores Timur menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap program GERMAS, juga GERMAS dilakukan sebagai penguatan upaya promotif dan preventif masyarakat. Tujuan GERMAS, antara lain: 1) Menurunkan beban penyakit menular dan penyakit tidak menular, baik kematian maupun kecacatan; 2) Menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas penduduk 3) Menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit dan pengeluaran kesehatan. Prinsip GERMAS, yaitu Kerjasama multisektor; Keseimbangan masyarakat; keluarga dan individu; Pemberdayaan masyarakat; 4) Penguatan sistem kesehatan; Pendekatan siklus hidup; Jaminan Kesehatan Nasional (JKN); dan berfokus pada pemerataan layanan. Demikian penjelasan Ibu Johria Parmin, STT,. M. Keb.
Staf puskesmas Lite Suria Hasyim, SKM menyampaikan bahwa “Gerakan ini akan dimulai dengan 3 fokus kegiatan, yaitu meningkatkan aktifitas fisik, konsumsi sayur dan buah, serta deteksi dini penyakit tidak menular (PTM), sehingga di kegiatan besok akan ada makan buah bersama". Kami juga telah menyaiapkan beberapa jenis buah-buahan lokal. Ungkap Pengelola Program Gizi Puskesmas Lite.
Kegiatan ini akan dirangkai dengan Talkshow dan diskusi bersama yang akan di pandu oleh Koordinator Agupena Kecamatan Adonara Tengah Asy’ari Hidayah Hanafi. [Teks: Ari Tukan]

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar